Naik kereta dari Yogyakarta ke Bandung. Sendiri.

00.44

Selamat malam mingguan, gaes.

Anw, perasaan udah lama banget gak buka blog. Tau-tau waktu buka statistik udah 2300++ views/hari. Yeay, thank you strangers!

Tiga hari kemarin gue ada acara seminar nasional di Yogyakarta. Niat awalnya sih, gue mau review acaranya kek postingan yang ini, atau yang ini. Tapi setelah dipikir-pikir bakal banyakan mudharatnya, soalnya acaranya agak rancu dan gak jelas. Ntar gue malah nyinyirin panitia lagi. He he he.

Tapi karena udah keburu niat posting biar gak lapuk ini blog, gue bakalan bagi-bagi tips cara naik kereta jarak jauh. Berasa udah pro banget ya wk. Tips ini bakalan berisi banyak curhatan. Jadi kalau males, baca bagian yang gue bold aja.

#1 Tuker tiket/struk jadi boarding pass

Sebenernya gue berasa dibegoin sama Mbak-Mbak di Loket Stasiun Bandung. Gue sampe 2 kali bulak balik kesini cuma buat cetak tiket yang katanya, bisa dicetak di Check-In Counter mana aja.
Kode Booking, tiket beli di Alfamart
Guys, itu bullshit. Selain boros ongkos, bensin, dan parkir. Ini juga bikin gendok. Faktanya, tiket (yang lo beli di Alfa/Indomaret) itu cuma bisa dicetak jadi Boarding Pass di Stasiun tempat lo mau berangkat, minimal 12 jam sebelum berangkat. Gue kasih contoh ya:

Tiket Kiaracondong - Lempuyangan jam 20.00
Cuma bisa dicetak di Stasiun Kiaracondong, mulai jam 08.00 pagi sampai kereta itu berangkat.

Boarding Pass yang Baru

#2 Siapin KTP asli di saku.

Ini maksudnya biar cepet aja sih. Pas pergi gue kan gak tau ya sistemnya kaya gini, jadi malahan heboh buka-buka dompet. Bikin lama. Ini tips penting banget buat orang yang pada dasarnya lelet dan punya hobi ngaret. Kek gue.

#3 Jangan terlalu pelit

Gimana ya. HAHAHA.

Masalah naik kendaraan umum itu cuma 2; utamakan harga murah atau utamakan kenyamanan.

Kereta Ekonomi yang paling ekonomi ke Jogja itu ada dua; KA Kahuripan dan KA Pasundan. Waktu pergi, gue naik KA Kahuripan. Kenapa? Soalnya tiketnya paling murah, Rp. 86.000. Ketebak banget yak.

Nah masalahnya adalah: Harga tiket berbanding lurus sama bentuk kursi. Di KA Kahuripan ini, kursinya berasa kursi di KRD… Tipis, keras, tegak lurus. Jadi berasa duduk di lantai nyender ke tembok. Mau tidur segala posisi juga gak ada enak-enaknya:")
Kelas ekonomi, yang paling ekonomis.
Waktu baliknya gue naik KA Pasundan yang notabene lebih mahal, Rp. 96.000. Bedanya cuma 10rb, tapi berasa best deal banget. Soalnya beda sama KA Kahuripan yang bikin badan pegel-pegel. Kursi di KA Pasundan ini empuk. Puk. Puk. Gak pegel sama sekali. Minusnya cuma satu, mbak-mbak-yang-semacam-pramugari nya judes.

Tapi tetep sih, eventho kereta ekonomi, tapi luas jarak kursinya. Kaki masih bisa selonjoran. Baik ke bawah, ataupun ke kursi orang lain. Gak kaya……… kelas ekonominya pesawat. Lol.

#4 Kalau mau protes. Langsung aja ke teknisi atau kapten.

Pokonya jangan protes ke semacam-pramugarinya itu, dia diajari untuk iya-iya aja. Bukan untuk ngasih solusi. Ini gue subjektif sih nilainya abisan kzl dijudesin.

Kemarin di gerbong gue, AC nya dingin banget. Padahal cuma 25°C. Udah protes ke mbaknya cuma iya-iya aja. Akhirnya gue protes langsung ke @KAI121, teknisinya datang sih. Langsung ubah directionnya dari Swing jadi Up plus dinaikin jadi 27°C.

Tapi. Gak lama dari situ, Kapten— eh apasih namanya— langsung datang ke seat gue terus ceramah, katanya jangan suka ngadu ke twitter. HAHAHA.

#5 Udah di Stasiun 30-60 menit sebelum jam keberangkatan.

Sengaja gue simpen dibawah. Oke.Gue kasih tau dulu. It's gonna be a longest tips&curhat I've ever made. Poin ini menurut gue paling banyak disepelein, padahal penting. Kecuali lo banyak duit jadi kalau angus bisa beli lagi yang baru.

Gue nyepelein ini juga kok. Pergi dan Pulang. Waktu pergi gue masih selamat, pulang juga sebenernya gue selamat.................. Temen gue enggak.

Jadwal KA gue, jam 14.00 dari Lempuyangan.

Waktu anak cowo pada sholat jum'at, vertigo gue kambuh. Cukup bikin tegang dan bikin mood gue ancur. Tapi gue tetep paksain pergi ke Pusat Oleh-Oleh dulu buat beli Bakpia. Waktu balik udah jam 1 lebih ternyata, dan anak-anak masih makan dan belum berangkat ke Rumah Anggota buat ambil barang-barang.

foto ini tuh jam 13.20, udah telat banget dan masih bisa foto-foto.
Jam 2 kurang, kurang setengah jam apa ya. Kita baru pergi ke Rumah Anggota, bawa barang semua. Langsung pergi lagi ke Stasiun Lempuyangan. Motor gue yang pertama jalan dan nyampe Lempuyangan. Disini Check In Counter penuh. Soalnya cuma ada 3 mesin dan Boarding Pass nya bukan yang baru. Masih yang jadul. Gue baru beres nyetak tiket jam 13.54, dan anak-anak belum ada yang sampe.
Boarding Pass lama.
Jam 13.59 gue bilang ke penjaga tiket, kalau anak-anak masih di jalan.
Eh……
Malah dimarahin. Terus disuruh masuk langsung.
Gue baru injek gerbong. Kereta langsung jalan.
Jalan…

Gue jalan dari gerbong tempat gue masuk (gerbong 5) sampe ke Gerbong 2, udah nahan nangis. Jalan lurus aja sambil ngelamun. Kaget. Shock. Baru duduk, datang petugas meriksa tiket. Sambil nanya "Ini yang di seat 22-24 mana?" Gara-gara mood ancur tuh ya jadinya emosional banget, bukannya jawab gue malah mewek:")

Tiket bis, 160.000
Temen-temen gue yang ketinggalan tuh apes banget gara-gara nyepelein poin ini. Tiket mereka Hangus. Jadwal kereta ke Bandung hari itu semuanya udah full booked. Akhirnya mereka ke terminal dan naik bis yang jadwal jam 4 sore. IMO, ini semacam abis jatuh ketimpa tangga. Soalnya udah tiket-kereta-yang-cuman-96rb itu hangus, mereka harus beli tiket bis yang harganya hampir 2× lipat, Rp. 160.000.

FYI, mereka nyampe Stasiun itu jam 14.01:)

Dah gitu aja. Ngegantung banget ya. Gak ada yang baca juga. Panjang nget ini pasti malesin. Wk. Intinya jangan nyepelein. Contohlah mereka, jadwal jam 2, tapi udah standby dari jam 1 kurang di stasiun↓↓

K. Bye.

—Tips Tambahan
  • Kalau lagi sendirian. Jaga pandangan. Soalnya kalau gak jago-jago amat, ekspresi itu gampang ditebak dari Mata. Jadi daripada lo dijahatin sama orang jahat. Mending jaga pandangan.
  • Pastiin ada makanan atau snack di tas kecil.
  • Kalau bosen dan mau ngajak ngobrol strangers. Pilih-pilih lah ya… Pilihan gue kemarin jatuh ke Om-Om depan gue↓↓
Sebenernya ada 2 orang, yang satu lagi tidur. Doi ke Bandung buat ketemu Istrinya.

Murni aja ya nih gue curhat dari awal sampe akhir. Tapi kalau dicermati lebih lanjut, ada manfaatnya kok tips yang gue kasih. Wk.