E-Learning atau E-Leneng?

10.11


Di pos sebelumnya gue pernah bilang kalau sekarang kampus gue menganut dan mengaplikasikan penggunaan e-learning. Di prodi S1 Akuntansi sendiri, e-learning digunakan untuk matkul Auditing2 dan Internal Audit. Pertanyaannya adalah, efektifkah penggunaan e-learning ini?

Ini udah minggu kedua sejak penggunaan e-learning. Btw, e-learning ini bisa lo akses di elearning.ekuitas.ac.id . Jangan kaget kalau di “tab” browser lo namanya “Elearnig”. Udah gue mention di twitter sih, gue kira bakalan diganti, gak taunya tetep aja sih. Yaudah, mungkin urusan typo gitu doang mah menurut mereka gak penting.

elearnig

Terus gimana cara pakenya? Ya gitu aja sih sebenernya diulik sendiri juga bisa. Lucunya, pihak kampus gue itu udah bikin Modul. Tapi, pas minggu pertama ini ada satu orang Bapak-Tapi-Masih-Muda kerjaannya masuk ke kelas-kelas, ngejelasin gimana cara pakenya. Berguna? Oh ya tentu. Gak berguna? Iya juga sih, soalnya dia masuk ke semua kelas, ngejelasin hal yang sama percis, padahal anak kelasnya itu-itu juga, dan garing-nya lagi, dia ngeluarin jokes. Yang sama. Di semua kelas.

Gak tau ya gue kok mikirnya itu Modul yang ada upload aja di suatu tempat dimana mahasiswa bisa download sendiri, terus Bapak-Tapi-Masih-Muda itu bikin video dimana dia jelasin semuanya, dengan jokes yang cuma sekali aja dipaparin. Ntar kalau ada yang mau tanya jawab, ya tinggal tanya-jawab di comment section. Yaudah, mungkin mereka berfikir gak semua orang bisa buka youtube. Gak semua orang bisa download modul. Oke, gue mah positive thinking sih orangnya.

Sesuai penjelasan si Bapak-Tapi-Masih-Muda itu, penilaian kehadiran mahasiswa dihitung dari:
  1. Mendownload Materi
  2. Mengikuti Forum
  3. Mengerjakan Tugas

Efektifkah? Jawabannya ada 2; Ya dan Tidak. YA, untuk dosen yang rajin. Tiap minggu update materi, membuka forum, dan memberi tugas. TIDAK, untuk dosen yang setuju sama elearning aja kagak. Nyebutnya eleneng pula. Kerjaannya cuma update materi, bikin forum kagak, ngasih tugas kagak.

YANG JADI MASALAH KALAU FORUM GAK ADA, TUGAS GAK ADA. ABSEN GUE DARI DOWNLOAD MATERI DOANG GITU?

Enak banget ya. Anyway gue bakalan bersyukur kalau e-learning cuma download tugas aja. Karena kalau kaya gitu, gue bisa keluar dari kampus, gak usah bayar iuran dan ongkos bensin, dan belajar di rumah aja. Kaya kata CEO Bukalapak:

“Belajar jaman sekarang gak usah masuk kampus, kamu tinggal buka youtube aja dan ketik keyword Stanford University Class. Mau lebih jelas lagi? Keywordnya ganti jadi lebih spesifik” – Achmad Zaky. CEO Bukalapak.

Jujur aja gue bikin postingan ini soalnya bingung. Tugas Auditing2 pertama gue tugasnya adalah:


Terus gue kirimin deh jawabannya, per poin. Isinya hilite kasusnya aja beserta sumber referensi. Terus gue cuma dapet 40. Kzl. Terus gue dapet feedback tulisannya: Dijelaskan secara detail. Lah tugasnya aja cuma disuruh cari kasus, bukan disuruh cari dan jelaskan. Yang salah sapa?!!!

40, plis, lah.

Terus di minggu kedua ini, akhirnya sang dosen Auditing 2 membuka forum. Forum ini minta membahas tentang Satyam Scandal. Ini lebih bikin bingung, orang-orang pada copy-paste berita-berita tentang itu. Iya maksudnya gue juga sama, tapi gue copy-paste-edit dulu lah baru di publish. Seengganya gue baca, dan pilah mana yang kira-kira emang harus dimasukin. Mana yang intinya. Yang intinya gue masukin, yang gak penting mah ya udah.

Terus gue mikir, kok forum kaya gini ya. Copas doang. Padahal setau gue forum tuh kaya saling tanya-jawab, pokonya gak satu arah kaya gitu loh. Makanya di akhir jawaban, gue  ngajuin pertanyaan. Plus, sumber referensi. Gaes, copas itu wajar. Kalau dibubuhi dengan sumber, gaes.

Entah kenapa ya. Gue mikirnya elearning sekarang ini masih dalam tahap coba-coba. Atau emang iya coba-coba? Kalau iya, kasian kan angkatan yang ngalamin percobaan kek gini. 

Padahal kan kata Cap Lang juga, Untuk anak jangan coba-coba.

Sekian.

Bhay.


p.s: E-learning ini gak diupdate sesuai jadwal. Tapi per minggu. Jadi yah, rajin-rajin cek ajalah. Kata Bapak-Tapi-Masih-Muda juga site ini cuma makan kuota dikit.

You Might Also Like

0 comment

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts