Cabut Gigi Bungsu pake BPJS

16.32

Halo! Udah lama banget ya gak ngepost.
Antara males sama sibuk itu emang beda tipis.

Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Bandung
Sebulan yang lalu, gue mutusin buat cabut gigi bungsu di rahang kiri bawah. Kenapa? Bukan karena mau di behel, atau karena si bungsu ini tumbuhnya miring. Tapi karena gigi ini nyebabin gusi bengkak sampe 3 kali, plus demam. Dan sumpah keadaan kaya gitu tuh bikin gak nyaman banget. Orang yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati itu, gak pernah ngerasain sakit gigi.

Waktu bengkak plus demam terakhir, gue kirim deh tuh foto giginya ke Kak Diyana. Anu loh, anak FKG yang dulu nerusin Kawat Gigi gue setelah Kak Githa lulus. Sekarang Kak Diyana sudah lulus dan resmi jadi dentist di Malaysia sana #yeeeee! Doi emang orang Malaysia anw. Terus waktu gue kirim fotonya, dia bilang itu ada 2 pilihan;

  1. Cabut giginya.
  2. Potong gusinya.
Kok potong gusi? Jadi si bungsu ini udah tumbuh sempurna, tapi ketutup gusi setengahnya. Nah posisi ini jelek, soalnya sisa makanan suka masuk diantara gusi dan gigi. Terus bisa bolong. Nah karena emang udah kadung males bengkak lagi, ya gue milih cabut.

Akhirnya pas bulan Februari gue mutusin buat cabut gigi di RSKGM pake BPJS! Soalnya Askes gue diganti jadi BPJS. Gimana step by stepnya? Ribet engga? Nah gue mau ceritain gimana cara pake BPJS, plus prosedur si cabut gigi bungsu ini. Btw ini postingan bakalan panjang. soalnya prosesnya ini makan waktu 3 minggu. Serius-____-

  • BIKIN RUJUKAN DI FASKES
Hal pertama yang harus dilakuin para pengguna Askes dan atau BPJS kalau mau ke RSKGM, apapun keluhannya, bikin dulu rujukan ke Faskes yang terdaftar di BPJS-nya. Faskes ini bisa klinik, bisa puskesmas. Gue sendiri terdaftarnya di Puskesmas Balai Kota Bandung.

Caranya? Datang aja ke Faskes-nya, bawa BPJS/Askes. Waktu registrasi, bilang "Pak/Bu, saya mau bikin rujukan ke RSKGM" terus ngantri. terus nunggu dipanggil dokter terus ntar dibuatin deh rujukan.Selesai.

  • DAFTAR DI RSKGM

Tempat Registrasi
Beres bikin rujukan, langsung caw ke RSKGM. Ambil nomor antrian. Sebelum register, buat pasien baru bakal diminta ke pojok dulu, ada tempat kaya semacam apa ya. Pokonya disitu kita dikasih tau aja Hak, Kewajiban, semacam SKB gitu buat disetujui. Beres dari situ, nunggu nomor antrian dipanggil. Registrasi, isi data diri. dikasih nomor antrian baru. Selesai.


yang harus dibawa pasien BPJS
Biayanya? 1000, soalnya gue gak bawa fotocopy-an jadi motokopi di tempat registasi deh.

  • MASUK RUANG PERIKSA
Ngantrinya dua kali, bok. Pertama di tempat registrasi, kedua depan ruangan Bedah Minor di lantai 3. Pas kunjungan pertama, cuma diperiksa doang sama ditanya keluhannya. Nah jawaban Ibu Dokter-pun sama kaya Kak Diyana, jadi yaudah gue minta cabut aja. Itu gue datang kan jam 10, masuk ke ruang periksa tuh ampir jam 11 gitu deh. Jadi dokternya cuma bikin jadwal buat Bedah Minor minggu depannya. Gue dapet urutan ke 4.

Klinik Bedah Minor, Lantai 3
Nah biar mingdep-nya bisa langsung operasi, dokter nyuruh gue buat rontgent gigi. FYI, buat yang umum ada 2 pilihan Rontgent Gigi; di RSKGM atau Pramitha. Buat BPJS; disuruh langsung di RSKGM sih kalau gue. Dari ruang periksa bawa berkas-berkas gitu, kasiin ke tempat registrasi terus tunggu sampai dipanggil. Tempat rontgent-nya depan tempat register kok. Selesai rontgent, tunggu hasilnya, terus balik. Selesai.

  • MINGGU KEDUA
Waktunya operasiiiii! Operasinya makan waktu tiga jam. Perlu gue jabarin?

Gue ketemu kakek baik yang datang dari set6 terus dia kasih gue antrian no. 4. Antrian oral surgery itu salah harusnya Lantai 3, jamnya juga ngaco.
  1. 06.30 ngambil nomor antrian;
  2. 07.30 registrasi udah dibuka, padahal dari jadwalnya gue liat jam 8;
  3. 08.45 dokternya baru datang;
  4. 09.10 nama gue dipanggil;
  5. 09.30 keluar dari ruang bedah.
Lol. Operasinya doang cuma 20 menit. Tapi kaya neraka. Oh iya, walaupun minggu kemarin pas bikin jadwal gue urutan ke 4, tapi karena gue dapet antrian nomor 1 jadi gue pertama di operasinya.

Pas masuk bakal diapain? Dokter bakalan suntik anestesi di gigi, bius lokal, biar kebas. Ini makan waktu kurleb 5 menit deh sampe pipi sebelah kiri gue kebas. Terus dokter pun mulai membedah. Gini deh kalau mau ngebayangin ya, gigi geraham gue gak ada masalah, dalam artian masih menancap kuat ke dalam gusi, terus dicabut, caranya gimana? Di gali dulu. Gali. Gali. Gali. Suntik anestesi lagi. Gali. Gali. Gali. Cabut.

Dan asli ini linu banget. Telinga gue sampe sakit, tau kan linu di gigi yang sampe telinga berasa celekit banget? Terus gue diomelin dokter sama susternya. "Tahan dek!" "Jangan merenyit matanya dek!" "Tenang dek! Saya gak bisa cabut kalau adeknya belum tenang". Sip, Dok. Sip.
Dadah gigi bungsu! Karena tumbuhnya gak tiduran, jadi gigi gue gak perlu dipotong jadi 2 ataupun 3 ataupun 4
Jadi di tengah operasi ini, gue dapet banyak pelajaran, selain harus tahan dan tenang, gue juga tau kalau anak dokter ini tinggal di Inggris. Dan cucu perempuannya bentar lagi mau dibawa ke Inggris. Enggak, ini gue bukan nguping. Cuma ya mereka ngobrolnya diatas muka gue banget, jadi mau gak mau gue denger.

Beres operasi, langsung di jait. Diminta ambil obat ke apotek di lantai 1. Obat yang dikasih ada 3 macem; Obat anti radang dan 2 anti lagi yang gue lupa apaan. HEHEHE. Selesai
Biaya operasi dan obat? Gratis.

  • MENUJU MINGGU KETIGA
Beres operasi, pipi sebelah kiri bakalan kebas dan bengkak ada kali 3 jam sampe anestesinya ilang. Muka berasa tebel deh. Kalau udah ilang bisa makan kok. Disuruh makan yang lembek dan berkuah. Deket kampus gue gak ada bubur. Jadi gue beli indomie pake cuanki. Tapi direbusnya lama banget. Gak boleh makan yang panas. HARUS DINGIN. Jadi gue angin-anginin itu cuanki pake kipas angin,. baru dimakan.

Gue operasi hari Senin, dan sampai Sabtu pipi kiri gue bengkak. Jadi bisa dibilang pipi lo bakalan bengkak selama semingguan. Tapi bengkaknya gak akan lebay kok, kalau gue cuma bengkak dikit, linu, puyeng aja. Temen gue ada nih yang giginya tumbuhnya tiduran, dan gigi geraham sebelah gigi bungsu ini sampe di kerok dalemnya. Dia sampe gak bisa makan, cuma minum energen selama seminggu. Karena dia bengkaknya lebay.

gigi gue normal kan?:))
Gue bisa makan, di sebelah kanan doang. Gosok gigi di bagian kiri harus pelan, takut kena jaitan. Ini gue parnoan orangnya, banyak takutnya. Kumur-kumur juga seperlunya. Di  minggu ketiga itu cuma cabut jaitan. Waktu yang dibutuhkan? Gak sampe 5 menit. Waktu ngantri yang dibutuhkan? 120 menit. Kesel ya?

Btw kalau pasien umum, cabut jaitan ini bayar Rp. 40.000.
Btw lagi, ternyata cabut jaitan gak mesti di RSKGM. Kan. Nambah Kesel.

Abis cabut jaitan ini, beda sama waktu masih ada jaitan. Jadi pas udah dicabut harus banyak-banyakin kumur. Dokter gue bilangnya butuh waktu kurleb 3 minggu buat gusinya rapet lagi.

  • POIN POIN PENTING
Operasional RSKGM Bandung
  1. Ambil no. antrian ® Registrasi ® Dapet No. Antrian ® Ke Ruang Bedah Minor di lantai 3. Akan selalu seperti ini.
  2. Yang harus dibawa tiap datang ke RSKGM; Kartu Berobat dan Fotocopy KTP, BPJS, Rujukan.
  3. DATANG SESUBUH MUNGKIN.
  4. Jangan lupa minum obatnya, biar gak terlalu sakit.
  5. Biaya bener-bener gratis, paling 1000 kalau gak bawa fotocopy.
  6. Ada lift kok, jadi gak usah capek-capek naik tangga.
  • TIPS
Ini kalau lo ngikutin tips ini nih, niscaya tenang, aman dan makmur idup lo.
  1. Mau dapet nomer pertama? Abis sholat subuh, datang ke RSKGM ambil antrian. PULANG.
  2. Tidur aja yang tenang, bangun, dandan yang cantik jam set8 balik lagi ke RSKGM buat registrasi, PULANG.
  3. Sarapan yang tenang. kalau perlu kunyah 32 kali setiap suapan. Jam 9an balik lagi ke ruang Bedah Minor di RSKGM. Tunggu dipanggil.
  4. Jangan lupa bawa headset, plus playlist yang enak. Atau film sekalian.

Udah selesai, gak panjang ya ternyata. Semoga sukses yang mau operasi gigi.
Gak ngeri kok, gue cuma nakut-nakutin doang.
Ya.
Paling.
Linu-Linu Banyak.

HEHEHEHE.

You Might Also Like

40 comment

  1. makasih share ceritanya ya, aku simpen buat info"nanti"kalau mau gunain BPJS nih ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih mbak udah ngunjungin blog ini. Aku pembaca blog mbak juga, tapi gak pernah komen soalnya buka dari hp terus. Hehehe.

      Hapus
  2. Waaaa nyebelin banget kalo gigi bungsu dicabut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, lebih nyebelin kalau gak dicabut loh mas:") Kecuali gigi bungsu nya aman-aman aja itu kayanya enak hehe

      Hapus
  3. Makasih ceritanya, jadi kepikiran aktifin BPJS yang lama nunggak. :v

    Mau cabut geraham belakang kalau biaya sendiri lumayan juga. πŸ˜‚

    Kalau boleh tau, untuk rontgennya itu juga ditanggung BPJS alias gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, jangan nunggu sakit dulu baru aktifin bpjs-nya:")

      Ditanggung kok, alias gak gratis sih kan kita bayar cicilan juga ke bpjs-nyaπŸ˜‚

      Hapus
    2. BPJSnya mbak kelas berapa ? Apa semua kelas BPJS juga bisa ?

      Hapus
  4. Suntik anestesi nya di pangkal gusi atau langsung di sekitargigi geraham nya gan?

    BalasHapus
  5. Suntik anestesi nya di pangkal gusi atau langsung di sekitargigi geraham nya gan?

    BalasHapus
  6. Terima kasih, sangat bermanfaat artikelnya.. :)

    BalasHapus
  7. Pengalaman ibuku cabut gigi bungsu pake BPJS nomor antriannya dibagiin jam set.6 pagi tapi yang antri ada yg dari jam 2 pagi πŸ˜‚πŸ˜‚, kalo rumahnya deket RS mah bolak balik wes, tapi kalo rumah jauh dilema juga mo bolak balik macet ato mo nungguin waktunya kebuang banyak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  8. duh agak takut saya yang berhubungan dengan copot gigi,hehe

    BalasHapus
  9. Beb ini kalo ktp bukan Bdg bisa pake bpjs juga gak?

    BalasHapus
  10. Beb ini kalo ktp bukan Bdg bisa pake bpjs juga gak?

    BalasHapus
  11. Makasih bgt infonya sangat berguna.. Abia minta rujukan nih,, bsk mau ke rskgm.. Semoga lancar jaya!!?

    BalasHapus
  12. Halo mbak, makasih loh buat sharing pengalamannya. Gue sendiri baru mau nyabut gigi bungsi, tidur, 2 biji. Haha.

    BalasHapus
  13. terimakasih atas sharing pengalamannya.

    BalasHapus
  14. Halo mbak, dan teman2 sekalian mau Tanya, frenektomi itu ditanggung bpjs tidak yah..

    BalasHapus
  15. Hehehe. Gue ngakak selama baca ini postingan, sambil nahan2 sakit karna gigi bungsu gue katanya dokter musti dioperasi.

    Tengkiyu info dan ceritanya. Doakan gue!

    BalasHapus
  16. Tulisan ini ngebantu saya banget!!! NGET!!! Saya gak tahu kalo antri bisa selebay itu, untung aja baca2 dulu disini jadi gak kaget ntar kalo perawatan. Tulisannya mendetil sekali, saya bukan domisili Bandung sih, tapi paling juga 11-12 hampir sama perawatannya...

    Makasih sudah sharing ilmunya, doakan saya, minggu ini saya cabut gigi bungsu, bukan satu, bukan dua, tapi empat2nya... dan posisi tidur semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun bayanginnya linu sendiri:( Bius total pasti ya mbak? Semangat ya!

      Hapus
  17. Mbaa kalo emg gigi bungsu harus dioperasi gara2 Rahang bawah maju (proses behel) itu bisa pake bpjs??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku sih yg dicover bpjs itu kalau emang ngeganggu kesehatan, jadi selama masih ganggu penampilan aja biasanya gak diapprove/gak bisa. Tapi cmiiw bisa ditanyain lgsg ke pihak yg bersangkutan biar jelas😊

      Hapus
  18. makasih share nya, ga bosen bacanya, kocakk..

    BalasHapus
  19. Setelah janjian bikin rujukan lagi atau pakai rujukan sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rujukan berlakunya 1bulan, biasanya appointment 1-2 minggu. Pake yg lama bisa kok selama masih berlaku😊

      Hapus
  20. Aku mau cabut gigi bungsu. Udah parno duluaan

    BalasHapus
  21. Wahhhh sangat bermanfaat... terimakasih sharingnya��..
    Berhubung aku skrang lgi prawatan behel.... dan gigi aku udh mulai rapi... tpo jdi agak maju..dokter nyaranin klo ga mau gigi samping taring dicabut.. klo mau cabut gigi bungsu... slain biar ada ruang...dan jdi tidak menganggu gigi lain...

    So.. spertinya aku hrus bkin bpjs dlu��..
    Kalo ga pke bpjs biayanya brpa yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Febri! Maaf baru bales ya.
      Setauku utk range harga antara 1.500-3.000 kurang lebih.

      Hapus
    2. Ini maksudnya 1.500.000 s/d 3.000.000 ya*

      Hapus
  22. Kalau ngantri dari subuh untuk ambil antrian itu bisa langsung dapet kertas antrian nya? Udah buka mba subuh2 gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pintu udah dibuka jam 5 atau setengah6-an kok, Mas. Kalau buat ngambil antrian aja bisa:)

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Mba aku sama kasusnya kaya mba gigi bungsu, pernah ke rskgm untuk operasi kecil tapi ditolak dgn alasan ga bisa operasi disini, disarankan ke rs gigi unpad. Itu kenapa ya? taun kemarin 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin giginya tumbuh miring? Soalnya di rskgm katanya kalo gigi miring blm bisa ditangani.. Sy kemarin abis konsul dan bisa oprasi krn giginya tumbuh gak miring kak

      Hapus
    2. Mungkin giginya tumbuh miring? Soalnya di rskgm katanya kalo gigi miring blm bisa ditangani.. Sy kemarin abis konsul dan bisa oprasi krn giginya tumbuh gak miring kak

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Surat rujukan cuma fotocopy aja kan? Ga harus dilegalisasi ?

    BalasHapus
  27. Makasih banget share infonya sabtu ini mau cabut pake bpjs di rskgm riau..
    mba jadi ga bisa sehari beres dong ya?

    BalasHapus

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts