ITBCD2016: Seminar "The Advantage of Technology in Development of Future Entrepreneur"

18.30

Minggu kemarin, tepatnya tanggal 21 Februari 2016, gue jadi salah satu dari 386 orang yang berkesempatan dateng ke seminar yang diadain sama Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (Kokesma) ITB di Aula Timur Kampus ITB.


Acaranya sendiri namanya ITB Cooperative Day 2016 (ITBCD2016), ini sebenernya rangkaian acara, yang mana gue gak tau apa aja. Hahahaha. Yang pasti, seminar minggu kemarin itu berupa penutup rangkaian acara ITBCD2016.

Terus apa sih yang bikin istimewa?

Jadi gini, beberapa kali acara yang diadain sama anak ITB itu, pendaftarannya semua hampir serupa, yaitu pake Google Form. Ini antara gue yang gaptek sama emang gue gaptek. Jadi berasa wow gitu pas daftarnya. Soalnya beberapa kali gue gagal, alesannya sama, waktu buka form-nya udah ada tulisan segede gaban “Maaf kuota sudah terpenuhi, bla bla bla”. Makanya kemarin pas sukses daftar, gue bangga banget!

Padahal waktu gue nanya ke Tom, dia bilang kalau seminar kali ini sistemnya acak jadi yang beruntung bakalan dapet email notifikasi H-7 acara. Jadi yah, gue sukses daftar bukan karena sukses, ya karena emang form-nya gak dibatasi.

Sampai H-2 acara, Jumat, gue gak dapet notifikasi! Ini udah sedih banget deh. Soalnya acara ini selain gratis, pembicaranya keren-keren! Akhirnya gue nanya lagi ke Tom Si Anak Kokesma, gak lama dari nanya itu akhirnya gue dapet email notifikasi kalau gue lolos. HAHAHAHA. Rezeki anak sholeh.

Email Notifikasi

Hari minggu pun tiba, gue udah nyampe dari jam 7 kurang padahal acara di mulai jam 07.30, hebat gak tuh! Sebenernya waktu jam set8 mepet ke jam 8 itu acara udah mulai. MC udah ngomong, peserta udah masuk, pendaftaran udah ditutup. Tapi. Sayangnya. Pejabatnya malah telat. Jadi yah kita nganggur dululah beberapa saat nungguin si pejabat datang.

Poster Seminar ITBCD2016

Jam 8 lebih, lebihnya banyak, akhirnya sang pejabat datang. Akhirnya acara bisa dimulai, oh iya Ridwan Kamil gak jadi datang. Terus kalau Anak Agung Gede Ngurang Puspayoga itu digantikan oleh Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM RI; Agus Muharram. Ghoris Mustaqim juga gak ada, tapi ada pembicara lain yang gak ada di poster; Agus Setia Irawan, Ketua Koperasi Al Ittifaq Ciwidey. Jadi ada Duo Agus.

ki/ka: Agus Setia Irawan, Agus Muharram, Eric Mohammad, Moderator. / Foto dapet dari Tom
Waktu seminar Pak Agus Muharram sempet ngasih kiat-kiat sukses nih:
  1. Kuasai bahasa; entah itu Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, dll. Bahasa itu penting, apalagi di era MEA.
  2. Knowledge yang luas.
  3. Jalin silaturahmi; silaturahmi masuk poin penting loh guys. Membangun silaturahmi itu kaya investasi paling sederhana tapi punya impact yang besar.
  4. Manfaatkan Peluang.
  5. Punya attitude yang pantang menyerah dan mau mengasah skill.

IMO, acara berjudul The Advantage of Technology in Development of Future Entrepreneur ini asik pembicaranya, yang gak asik mah pesertanya. Gue mau ketawa gak jadi mulu soalnya muka peserta semua pada datar:( Padahal Bang Zaky sama Kang Dani udah rame bawain acaranya.

Kalau lo pernah liat iklan Bukalapak, yang sebenernya kadang bingung itu iklan apaan kok nyeleneh banget. Lo pasti tau deh CEO-nya, soalnya dia selalu ada di iklannya. Kalau dari iklan sih kaya yang berwibawa gitu ya? Terus pasti mikirnya rambutnya botak ala-ala Mario Teguh. Ya kan? Atau cuma gue yang mikir kaya gitu? Wkwk. Aslinya enggak! 

Achmad Zaky, CEO Bukalapak. / Foto dapet dari Tom

Ternyata dia punya rambut kok tapi di iket, terus anaknya kok kaya santai banget. Kemarin aja cuma pake kaos tulisan “Get Sh*t Done”, celana jeans dan sneaker. Kalau ada yang nanya, apa bedanya Bukalapak sama market place lainnya, ternyata Motto Bukalapak itu memajukan UKM. Terus waktu seminar kemarin Bang Zaky bagi-bagi Tips Merintis Usaha ala Zaky;

  1. Mulai usaha dari sedini mungkin, jangan suka menunda-nunda. Kenapa? Soalnya anak muda itu belum punya ekspektasi, punya idealisme yang tinggi dan mau kerja keras.
  2. Creative and inovatif is a must. Ide kreatif itu datang karena kebebasan.
  3. Investasi bangun team sedari awal; Bukalapak-pun terbentuk dari 2 orang yang udah bersahabat dari SMA. Gaya kan?

Terus selain ketiga poin ini, yang paling pentingggggg banget. Yaitu harus tau Setting Goal dari awal. Banyak manfaat yang gue dapetin dari acara ini, cuma kalau lo sadar ya ini pembicara ampir semuanya alumni ITB; Agus Muharram, Achmad Zaky, Dani M. Akhyar, Ridwan Kamil.

ki/ka: Agus Setia Irawan - Agus Muharram - Dani M. Akhyar - Moderator. / Foto dapet dari Tom

Jujur sih gue belum ada niatan bikin usaha, niat udah ada, tapi.... Ya..... Gitulah..... Sekarang ini gue lagi pengen banget nerapin hasil seminar ini ke Operasional Kopma Ekuitas dulu, nerapin teknologi-teknologi digital dan semacamnya. Sebenernya kisah sukses perkoperasian itu ada waktu Agus Setia Irawan jadi pembicara. Sayangnya waktu itu gue masuk ditengah-tengah acara abis dari toilet. Jadi gak dengerin banyak-banyak.

Oh iya disela-sela acara juga ada performance dari Lingkung Sunda Seni ITB sama Loedroek ITB. Terus diakhir acara ada 2 orang yang dapet doorprize dari Smartfren; Mifi sama Andromax R2. Mereka dapet doorprize karena #livetweet dari awal sampe akhir acara. Happy for them!

Yaudah segitu aja. Gue mau tidur, kemarin dari jam 07.30 (26 Februari 2016) sampe jam 03.45 subuh (27 Februari 2016), Kopma Ekuitas abis RAT ke X. Gue masih capeeek. Tidurnya udah terganti tapi pusingnya belum ilang. Lol.

Anyway gue besok mau cabut jahitan bekas bedah gigi bungsu. Ntar gue bikin postingan tersendiri. 



Bhay.

You Might Also Like

2 comment

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts