Nge-jamu di Babah Kuya Bandung!

20.57

Gue mau buka postingan ini dengan kalimat bermutu. Jamu berasal dari singkatan dua kata bahasa Jawa Kuno yaitu “Djampi” (penyembuhan yang menggunakan ramuan obat-obatan/doa-doa&ajian-ajian dan “Oesodo” (kesehatan). Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Jamu merupakan ramuan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alam yang diracik tanpa menggunakan bahan kimia sebagai aditif. sumber 

Udah keren belum openingnya? Di Bandung sendiri, ada toko jamu yang udah terkenal dari tahun 1800-an. Namanya Babah Kuya. Yeay. Kali ini gue mau bahas Babah Kuya (Toko Jamu).


Dari SMA dan sebelum Darsi ngeluarin iklan di TV, Umi suka gereget liat jerawat gue terus bilang “Kamu ke Babah Kuya sekarang, beli jamu buat jerawat!” Terus gue bodo amat. Padahal kalau ke Tamim buat bikin jeans, gue sering banget lewatin Babah Kuya.

Lalu tiba-tiba ada iklan Darsi, terus jadi hype deh si Darsi ini. Gue ikutan dong beli juga, tapi bukan yang kapsul soalnya kosong terus. Gue beli yang pil. Tapi gak ada efeknya sih padahal udah abis 2 kotak @100 pil. Bukannya jerawat hilang, muka gue malah beruntusan yang gak mateng-mateng jadi mendem aja gitu kaya semar mendem. Ini terjadi bulan Maret 2014.

Di bulan Desember ini akhirnya gue kesampean juga ke Babah Kuya. Gue tiba-tiba aja gitu pengen, mungkin karena jamu itu efek sampingnya dikit kali ya. Jadi gue ter-suggest buat minum jamu. Di Babah Kuya ini nyediain mulai dari jamu godok(rebus) sampe jamu seduh(bubuk). Tempatnya ada di Pasar Baru Barat Bandung. Tokonya ada 2, gue gak tau sih itu cabang apa gimana pokonya tempatnya tetanggaan, yang satu Cat Hijau satu lagi Cat Kuning. Nama Babah Kuya itu kaya panggilan buat Koh pemilik awalnya, karena punya Kuya (kura-kura).


Tadi gue datang ke Toko Babah Kuya cat warna Kuning. Waktu masuk berasa gudang rempah, baunya bok! Kalau kata kakak gue ini baunya kaya bumbu rendang. Kalau kata gue, baunya kaya bau jamu. Ya jamu. Tapi versi nyegak banget. Didalem ada 3 pegawai plus 2 pemilik. Semuanya ramah. Jujur aja pas masuk toko ini gue merinding sama baunya, bau-nya aja tuh udah menggambarkan paitnya jamu yang bakal gue minum nantinya.

Gue beli jamu buat Jerawat dan Lancar Haid. Gue dapetnya jamu seduh. Padahal imajinasi gue itu bakalan dapet jamu godok, yang isinya rempah kering diambil beberapa terus direbus dari airnya segini sampe airnya segitu. Tapi apadaya, masalah jerawat doang mah ya seduh adanya.

  • JAMU JERAWAT
Gue bilang jamu bersih darah. Udah dikasih, Rp. 8000/ons yang kaya gini nih:

Jamu Bersih Darah


Yang ladenin gue pegawainya, terus Koh-nya tiba-tiba nyambung katanya kalau buat jerawat jangan pake yang itu, pake yang khusus jerawat aja. Terus disaat gue masih mangap, jamu jerawatnya udah ada. Yaudah dibeli, Rp. 12.000/ons.

Jamu Jerawat - Jamu Lancar Haid

Pas mau bayar kan gue nanya-nanya dulu ke Koh-nya, tapi antara dia bingung atau emang lagi sibuk mau tutup (tutupnya jam 15.00, gue datang jam 15.00 HAHAHAHA) jadinya jawabnya selewatnya. Gue juga karena kebawa suasana jadi lupa mau nanya banyak. Katanya jamu ini terbuat dari Kunyit+Bidadara Laut+DLLLLLLLL. Pas gue tanya cara nyembuhinnya gimana apa bakal ngeluarin dulu jerawat, dia bilang: jamu ini buat ngempesin+ngeringin jerawat sama nyerahin muka. We’ll see.

  • JAMU LANCAR HAID
Gue kan bingung ya, masa cuma beli satu aja. Terus karena gue lagi haid ya gue bilang aja jamu buat haid ada apa kagak. Eh ternyata ada, buat lancarin. Padahal gak pernah gak lancar sih tapi gue beli, iseng aja. Terus Umi juga bilang sebenernya jamu jerawat, bersih darah, lancar haid; pada dasarnya sama-sama bersihin darah.

jamu lancar haid

Yang ini harganya mahal bok! Rp. 20.000/ons. Kaget gue!!!! Terus gue bilang, “Mbak gak bisa emang kalau Rp. 10.000 aja.........” Terus bisa hehehehehe jadi gue dikasih ½ ons. Buat khasiat jamu ini gue bingung, soalnya belinya iseng jadi lupa gak nanya. Balik lagi karena tiap haid gue selalu lancar, jadi anggap aja ini jamu bersih darah biasa yang gunanya membersihkan darah. Gak tau gimana caranya. Pokonya bersih.
  • CARA MEMBUAT
Beda sama jamu godok yang harus rebus dulu rempah-rempah kering, harus saring, harus ribet dll. Jamu bubuk seduh seperti ini simple sekali cara membuat dan minumnya:

untuk jamu jerawat, satu sendok makan penuh
biarkan sampai ada endapan
  1. Larutkan satu sendok makan ke dalam segelas air panas 150ml;
  2. Tunggu sampe ada endapan di bawah gelas (itung-itung nunggu air jadi anget);
  3. Minum airnya aja, gak usah sama ampasnya. Kaya minum kopi.
  4. (Optional) Ini hasil ke-kreatifan gue, abis minum jamu langsung minum air madu.
Sebenernya walaupun udah minum air madu, mulut gue masih pait. Sumpah ini jamu jerawat paitnya bikin nangis:’) Biasanya abis minum jamu dan air madu, gue tambah lagi minum air putih yang entah kenapa berasa pait, terus kumur-kumur. Jadi gini skemanya:

Minum Jamu ® Air Madu ® Air Putih ® Kumur-kumur.

Kalau minum jamu jerawat, niscaya abis ngikutin skema itu mulut masih pait. Jadi lap-lap pake tissue udah gitu gadoin gula pasir. Kalau jamu lancar haid sampe air putih aja udah cukup. Waktu yang tepat buat minum jamu ini gue gak tau..... Gue minumnya malem atau pagi, sehari sekali. Seenak udel pokonya yang penting minum. Btw ya, Koh-nya bilang kita bisa Mix 2 Jamu jadi 1! Caranya ambil 1 sendok dari masing-masing jamu, terus airnya juga jadi satu gelas besar. Lo berani? Gue sih enggak. Kebayang aja gitu paitnya wekkkkkk.

Buat hasilnya sendiri bakal gue update kalau jamunya udah abis ya! Karena jamu itu progressnya lambat, kaya gue. Jamunya gue selang seling; Hari ini Jamu Jerawat, Besoknya Jamu Haid. Oke babay!

TOKO JAMU BABAH KUYA
Jam Operasional: 08.00-15.00, Minggu LIBUR
Rute: Dari arah stasiun bandung belakang lurus, sebelum pasar baru ada jalan yang biasa angkot lewatin. Belok kanan, lurus sampe mentok. Di pentokannya lah Babah Kuya berasal.
Angkot: St. Hall - Gede Bage (sampe depannya). Elang-Cicadas (jalan sedikit, gak lewat depannya)

UPDATE!

Jamu Haid-nya bener-bener ngelancarin Umi sama Mba Restu. (Soalnya gue emang selalu lancar kan, jadi udah gak minum ini lagi) Terus kalau Jamu Jerawat alhamdulillah kalau rutin ngefek kok, ke muka juga jadi cerahan. Terus jerawat cepet kering, baik yang di muka walaupun di punggung.
Gue kan tipe-tipe yang kalau mens atau buang air gak lancar jadi jerawat di punggung, nah semenjak minum ini gue terrrrrbebas deh dari jerawat di punggung. Kalau muka sih selain jamu juga didukung sama skincare.



You Might Also Like

12 comment

  1. Mbak mau tanya itu ampasnya banyak gitu dibuang ya, ngga bisa diseduh lagi? Thanks heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kaya kopi sih mas.... diseduh lagi gak? hehehe

      kalau aku dibuang soalnya.... gak tau sih wkwkwk gak yakin bisa diseduh lagii

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Kalau gwa ampas kopi dipake scrub dan mandi, jadi ampas jamunya juga bisa gwa pake mandi dan scrub kali yah hahahahaha~

      Hapus
  2. Mbk mau tnya,,kalo hri libur nasional,,,toko tutup ato gag mbk??

    BalasHapus
  3. Jrawat mba nya kya gimna ? Trus ngefekanya brpa lama ,soalnya aku baru beli di kasih tau ibu2 di rs wktu brobat ke dr.kulit ,tp aku bli yg jrwat 20/ons mehong 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba indah, saya juga baru beli yg untuk jerawat. harganya sama 20.000/ ons, tapi ramuannya bukan yg kunyit, trus ampasnya bisa dipakai untuk masker

      Hapus
    2. Foto jerawat aku bisa diliat di post ini ya: http://widhum.blogspot.co.id/2017/11/nulis-lagi-belajar-lagi.html?m=1 :)

      Hapus
  4. Salam kenal... khazanah pengobatan timur, yang subhanallah.. telah menemani bangsa indonesia mengobati penyakit dan menjaga kesehatan...

    BalasHapus
  5. Satu saja menurut saya yang menjadikan jamu kurang diminati masyarakat, baunya khas dan rasanya biasanya pahit... kalau dua hal ini bisa diatasi.. jamu bisa seperti permen.,, di gandrungi semua kalangan..

    BalasHapus

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts