Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Cuma Satu Jam!

16.59

Gue tadi siang baru aja dari SAMSAT buat ngurusin Bea Balik Nama (BBN). Jadi dari bulan Agustus itu gue beli motor bekas, nah tapi baru sempet ngurusinnya sekarang waktu plat-nya udah mati. Hahahaha. Ngurus mutasi dan BBN itu gak seribet dan sesusah itu kok sampe harus pake Calo ataupun bayar Biro Jasa (tapi kalau sibuk ya mending langsung ke instansi yang ngasih jasa buat perpanjang, mutasi, dll daripada pake calo). Cuma butuh waktu satu jam doang!

Foto dari google maps

Sebenernya sebelum ngurusin ini, gue udah pernah googling dan nemu disini. Tapi sumpah perasaan kok ribet banget ya:-( Ternyata emang beda cara ngurus di Jakarta sama di Bandung. Makanya gue bikin step by step ini biar orang Bandung gak puyeng liat postingan yang tadi. Oh iya, Btw yang harus dibawa:
  • Pulpen, buat isi-isi dokumen
  • Uang
  • Dokumen;
    • STNK dan Struk Pajak ASLI dan FOTOCOPY
    • BPKB ASLI dan FOTOCOPY
    • FOTOCOPY KTP Pemilik Lama
    • KTP ASLI dan FOTOCOPY Pemilik Baru/dalam hal ini KTP gue. 2 biji.
    • Kwitansi Pembelian Motor Bekas, Kwitansinya harus pake MATERAI
  • Minum, biar gak aus.
  • Headset, biar gak bosen. Hehehe.



Gue beli motor ini dari orang Jatihandap, pokonya BPKB-nya di Bandung Timur (SAMSAT Kiara Condong). Karena rumah gue di daerah Bandung Barat, jauh dong kalau harus bayar mesti kesana. Akhirnya gue putusin buat mutasi, biar gampang kalau ada apa-apa karena kan deket, sekalian juga balik nama. Jadi kalau mau mutasi dan balik nama BPKB, tinggal ikutin step ini:
  1. Datang ke SAMSAT tempat BPKB itu terbit.
  2. Menuju ke Loket Cek Fisik (biasanya deket ke parkiran), serahin dokumen lengkap. Sebenernya bisa langsung ke bagian Gudang Arsip tapi enaknya disini di cek-in dulu kelengkapan dokumen. Jadi datang ke gudang tinggal serahin ke petugas.
  3. Menuju ke Gudang Arsip Roda Dua (kalau motor), serahin dokumen lengkap dan bilang “Pak, mau mutasi ke SAMSAT Bandung Barat/SAMSAT tujuan yang sesuai sama KTP
  4. Nanti di kasih arsip berisi dokumen lengkap kendaraan, jangan sampe ada yang jatuh/hilang.
  5. Lanjut ke SAMSAT tujuan yang sesuai sama KTP.

Biaya yang dihabisin? GRATIS. Bayar sih, bayar parkir doang Rp. 2000.

Lanjut OTW ke SAMSAT baru tujuan, gue pindah ke SAMSAT Bandung Barat yang lokasinya di Jl. Pajajaran Bandung. Kalau udah sampe, parkir motor lalu ikuti   step dibawah ini:


  1. Datang ke Loket Pendaftaran/Loket 1. Nanti dikasih dokumen-dokumen yang harus dibawa dan diisi. Selipin ke dalem arsip.
  2. BALIK LAGI KE BASEMENT;
    1. Lakuin Cek Fisik Kendaraan, cari aja Bapak-Bapak yang pake baju tulisan “Cek Fisik”.
    2. Selesai cek fisik kendaraan, isi semua dokumen yang dikasih dari Loket 1. Btw waktu ngisi dokumen kalau bingung tanya aja sama petugas, pasti dikasi tau dan diarahin kok.
    3. Lalu serahkan arsip berisi dokumen yang sudah diisi ke Loket Cek Fisik Kendaraan. Tunggu sebentar, nanti di panggil.
    4. Arsip dibalikin ke kita. Lanjut ke Loket Mutasi BPKB (utk SAMSAT Pajajaran, ada di Lantai 2)
  3. BALIK LAGI KE LANTAI 2;
    1. Menuju Loket Mutasi BPKB. Disini kita dikasih lagi formulir yang harus diisi, ada 2 lembar. Disini diminta fotocopy KTP Pemilik Baru 1 biji.
    2. Isi formulir dengan lengkap, lalu bayar Rp. 75.000.
    3. Tunggu, nanti dipanggil.
    4. Pas dipanggil, petugas bakalan minta buat fotocopy salah satu dokumen yang tadi diisi + faktur pembelian motor yang pertama. tukang fotocopy ada di basement
    5. Bawa hasil fotocopy-an dan arsip kita ke Loket BPKB Online (percis sebelah loket Mutasi). Tunggu sebentar, lalu bayar Rp. 80.000. Nanti dikasih bukti pembayaran, JANGAN HILANG.
    6. Bawa berkas-berkas dari Loket BPKB Online ke Loket 11, lalu tunggu panggilan, dan dikasih tanda bukti.
    7. Langsung pindah dan nunggu di panggil di Loket 13/ Pembayaran/Kasir, bayar. Karena gue telat (STNK habis 4 Desember, baru bayar 26 Desember) total yang harus gue bayar adalah Rp. 440.000.
    8. Bawa lagi bukti yang dari Loket 11, lalu tunggu panggilan. Nanti bakal ada panggilan dari Loket 15, lalu petugas bakal ngasiin STNK dan Faktur Pajak yang udah ganti pake nama gue. Yeeeee!
    9. Fotocopy STNK dan Faktur Pajak 2 kali; 1 utk diserahkan ke Loket BPKB Online dan 1 lagi utk diserahkan ke Loket Pengambilan Plat Nomer.
    10. Balik lagi ke Loket BPKB Online, serahin fotocopy-an beserta bukti bayar yang Rp. 80.000 tadi. Nanti dipanggil dan dikasih dokumen buat ngambil BPKB baru 3 minggu kemudian.
  4. BALIK LAGI KE BASEMENT;
    1. Bawa fotocopy STNK dan Faktur Pajak menuju Loket Plat Nomer (posisinya di sebelah Loket Cek Fisik). Nanti diminta STNK dan Faktur Pajak yang Asli, tapi cuma buat di cek aja.
    2. Plat nomer baru pun diberikan.
    3. UDAH GITU AJA.
    4. BERES.
  5. PULANG DEH.

Gampang kan?

Gila, sebentar banget kan! Kalau otw dari rumah ke SAMSAT Kiara Condong gak diitung, waktu yang gue abisin cuma 1 JAM. Datang jam 10 beres jam 11. Minusnya Cuma satu, karena semua loket ada di Lantai 2 dan Fotocopy ada di Basement jadi kudu ada effort buat bulak-balik atas bawah. Jadi berdasarkan pengalaman ini, gue mau kasih tips;
  1. GAK USAH PAKE CALO-CALOAN, AH!
  2. Usahain pake sepatu yang nyaman. Kalau menurut lo sepatu yang nyaman itu high heels, ya gapapa. Palingan pegel naik turun tangga.
  3. Datangnya pas hari Sabtu Pagi, kenapa? Soalnya relatif sepi, gak crowded kaya hari Senin ataupun hari-hari kerja lainnya.

Udah gitu aja tipsnya hahahahaha. 

Oh iya, total duit yang gue keluarin barusan:

  • Mutasi BPKB Rp. 75.000
  • BPKB Online Rp. 80.000
  • Fotocopy Rp. 1.500 (Fotocopy pertama 1000, kedua 500)
  • STNK Rp. 440.000
  • PARKIR 2 Tempat @Rp. 2000 = Rp. 600.500

Semoga membantu, Bhay!

You Might Also Like

34 comment

  1. thanks udah sharing pengalaman teh
    yg ribet mmg di Pajajaran ya teh, krn samsatnya kecil. trus naik turun tangga olahraga.
    tapi ada kritik juga nih, petugas samsat bandung kesannya kurang komunikatif sama kita.
    kurang ngobrol lah, kalo ditanya jawabannya nantilah, atau lempar kesana kemari
    hadehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribetnya sebenernyakarena naik-turun tangga aja.
      Oh iya? Kalau aku waktu kesana justru ramah, kecuali security-nya. Malah pada judes hahahaha

      Hapus
  2. WAAAAH! Aku tahun depan udah waktunya ngurus beginian nih, berasa banget ribetnya, tapi pas baca ini kok rasanya gampang ya XD Kemaren udah sempet nanya2 ke samsat, katanya cuma perlu bawa ktp, stnk, bpkb dan juga bawa kendaraan buat cek fisik, plus jangan lupa bawa makanan biar gak makin kurus << T^T apalah bapaknya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwwk, bapanya perhatian kak. Tapi ini di Bandung loh, aku sempet buka di Jakarta tuh malah ribet banget jadi gak satu tempat gitu kak.

      Hapus
    2. Wah gitu ya, kakakku juga sempet bilang, lamanya bakalan di bagian cek fisik, suruh amplopin biar cepet, eike gak mau ah, kan dosa #heleh

      Hapus
  3. kalo ga ada ktp pemilik aslinya bagaimna tu gan?? gpp atau harus ada yah???? soalnya orgnya ga di bandung lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dibutuhin dari KTP pemilik lama cuma Nama&Alamat-nya aja kok. Bisa deh kayanya

      Hapus
  4. Kalau misalkan saya mau beli mobil 2nd plat B (jakarta) telat pajak 2 tahun, terus ingin saya ingin balik nama gimana ya?

    Apa saya langsung ke jakarta untuk ngurusin pajak hingga beres, setelah itu lanjut lagi di bandung untuk mutasinya?

    Thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sorry for the late reply!

      Kalau yang telat pajak sampe 2 tahun gitu sih kurang tau ya. Kalau aku kan masih bulanan, cuma kalau di Bandung saat mutasi berati pengurusan pajak, dll langsung di tempat tujuan. Jadi di tempat asal cuma ngambil berkas aja.

      Tapi ini kan Bandung-Bandung, kalau gak salah prosedur di Jakarta beda.

      Maaf kalau jawabannya kurang membantu yak! Diatas ada link ke Kompasiana, itu dia di Jakarta. Bisa coba tanya kesana:)

      Hapus
  5. kalo boleh tau sabtu samsat bukanya dari jam berapa sampai jam berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Sabtu buka dari jam 8-11 pagi yaaaa.

      Hapus
  6. Nice ingpoh :)
    Klo bakik nama bpkb/stnk saja bisa Tanpa perlu mutasi?
    Saya adalah orang ketiga pemilik motor,pad saat saya beli dri orang ke 2, motornya belum balik nama masih atas orang pertama, apakah kwitansi yg di gunakanny yg mana,? Ktp pemelik pertama jg tidak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwitansi yang digunakan, kwitansi yang menempel pada BPKB. Kalau untuk KTP pemilik pertama saya kurang tau juga maaf kurang membantu ya:)

      Hapus
    2. Tapi kalau kwitansinya gk ada gimana kakak

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil or motor prosenya sama kan ??

      Hapus
    2. Kurang lebih sama, beda di biaya aja:)

      Hapus
  8. terima kasih banyak info mumtasi nya

    BalasHapus
  9. Mau tanya nih, apa kwitansiny harus pake materai kah? Soalny gak ttd gak diatas materai, kalo misal ditempel gt, boleh kah?

    BalasHapus
  10. Mau tanya nih, apa kwitansiny harus pake materai kah? Soalny gak ttd gak diatas materai, kalo misal ditempel gt, boleh kah?

    BalasHapus
  11. Udah satu atap dan ga banyak calo beredar jadi agak nyaman ngurus bbn sekarang

    BalasHapus
  12. nice infonya teh, cuma beda tipis lah sama bekasi. kalau pas di SAMSAT tempat BPKB itu terbit (Cikarang) saya udh harus ngeluarin uang 75rb ntah buat apa gk ada rincian/ane yg gk denger jelas bpk2 di samsatnya & formulirnya cuma ada 1 buat mutasi. nah nanti nih di samsat sesuai di KTP (Kota Bekasi) byar lg ap nggaknya gk tau dh y, sama biaya 80rb mungkin nanti di samsat bekasi kali y.. nah info dong perhitungan biaya pajak dll klo ada yg sama2 motor Revo 2011 kira2 brp y...??

    BalasHapus
  13. Say aku mau tanya nih,mobil aku habis pajaknya 14 okt 2015 berarti udah telat setahun,soalnya dulu pas mau bayar pajak ternyata harus bbn karna pemilik yang dulu udh punya mobil baru,apa ya istilahnya lupa deh.... pas mau di bbn ternyata harus ada bpkb yang asli alamak sy beli mobilnya nyicil jadi bpkb lagi di sekolahin,dari situ udh aja nunggu dinanti2 klo mau bayar pajak,eh ga kerasa sekarang udh mau tanggal 14 okt lagi klo ga bayar pajak jadi 2 tahun ya huhuuu..... yang jadi pertanyaan : 1. Klo ga ada bpkb yg asli gimana ? Klo pake surat keterangan dari bank bahwa benar bpkb nya lagi ada di bank tsb bisa ga ? 2. Ga ada ktp dari yang punya mobil terdahulu.... makasih ya sai sebelum nya tolong dijawab biar aku ada pencerahan...

    BalasHapus
  14. kalo misal ane mau mutasi tapi ane belum punya KTP jawa barat gimana om..?
    KTP jawa tengah, masih bisa di proses ngga ya..? di tnggu balasanya om,.

    BalasHapus
  15. Hai ceu..mau nanya dong si eike. An ceritanya aku teh punya motor a.n aku dengan ktp kabupaten. Nah pas waktu mula2 ada ektp ternyata di tempat tinggal aku yg sekarang ini aku ga dapet surat panggilan buat bikin ektp, banyak lagi yg kya gitu dan buat ngurusnya agak ribet. Waktu itu teh karena ada keperluan mendadak jadi aku ngurus ktp dengan alamat orgtua di dago. Jadilah aku punya ktp kodya. Ktp kabupaten akhirnya expired. Yg jadi masalah sekarang ini aku mau perpanjang pajak dan plat nomer. Itu gimana ya kira2 prosedurnya dengan kondisi kt aku yg udah berganti alamat..oh iya juga nama. Pas ktp kabupaten karena kesalahan pengumpul data namaku ada salah 1 huruf. Yg bener yg ktp kodya sekarang ini. Cobaaa dong bantuin aku biar ada pencerahan aku nyaa.m thx yaa

    BalasHapus
  16. halo teh kbb, mau tanya dongs, saya kan mau balik nama juga tapi udah telat 1 tahun, stnk penerbitnya di kbb juga, gmna ya ngurusnya ? ada pengalaman case seprti ini ?
    nuhun

    BalasHapus
  17. maaf mas mnta bantuan info nya,
    saya punya motor plat bandung atas nma orang lain , masa brlaku plat smpe 2018.
    saya mau balik nama mutasi ke tasikmalaya, krna tmpt tinggal saya di tasik.
    nah,apa harus nunggu dulu plat habis ?
    sbaiknya di proses sendiri langsung ke samsat atau lewat biro jasa?
    kalo proses sendiri ke samsat mulai nya dari mana?
    mohon pncerahannya.
    trimakasih sbelumnya :-)

    BalasHapus
  18. Ribet juga yah, kemuar masuk loket. Padahal kita mau bayar, cuma kantor samsat bukan melayani tapi minta kita swalayan. Mudah-mudahan pa Jokowi mampu meluruskan hal ini. Kantor Samsat menjadi kantor pelayanan, cukup kita menyerahkan data2 dan uang, maka kita tinggal menunggu surat surat yang diupdate. Rakyat yang betul betul dilayani oleh pegawai pemerintahan..begitu khan?

    BalasHapus
  19. Ambil berkas di samsat asal kendaraan bisa selesai sehari ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, mas! Validasi, nunggu sebentar lgsg ambil bisa kok.

      Hapus
  20. Kalau kwitansinya gk ada,,bisa ngk kakak

    BalasHapus
  21. pada desember 2016 sy ngurus bbn dan mutasi mobil. stnk sudah menjadi nama saya dan plat nomor sudah saya ambil masalahnya saya lupa MENGAMBIL BPKB DAN RESINYAPUN HILANG BISAKAH SAYA MENGECEK LANGSUNG KE SAMSAT BANDUNG BARAT..

    BalasHapus
  22. Untuk samsat kiaracondong sepertinya banyak calo, parkir harus bayar, petunjuk jalur pengurusan surat gak ada, terlalu banyak orang. Yg nyaman itu samsat kawaluyaan, parkir gratis, gak ada calo, gak terlalu banyak orang, nyaman tempatnya..

    BalasHapus

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts