Kopma 11th nih! (+Curcol)

08.17

Selamat ulangtahun untuk KOPMA Ekuitas!


Ditanggal 12 Oktober ini, KOPMA menginjak usia ke 11. Masih bocah ya ternyata, ekekeke. Lagi-lagi gue mau bahas KOPMA, karena selama hampir 5 semester ini kehidupan kampus gue banyak sangkut pautnya sama KOPMA. Banyak ditemani sama KOPMA. Jadi di awal semester 1, gue gak minat masuk koperasi, niat gue sih masuk FORMAIS (Forum Mahasiswa Islam). Ini terjadi karena gue berharap saat jadi mahasiswa gue berubah jadi insan yang lebih baik lagi.


Tapi ternyata… setan dalam diri gue keknya lebih kuat ya. Kesannya gue males banget, waktu daftar semangat. Pertama kali dapet sms notif dari pihak Formais, gue ngalamin m², bukan meter persegi. Tapi merod dan males. Alesannya gak akan gue sebut, aib soalnya huahahaha.

Nah dipertengahan semester 1, gue akhirnya tertarik masuk koperasi. Karena koperasi ini ngelola unit usaha Mini Market, dimana di dalem Mini Market ada Kasir. Dimana kasir merupakan salah satu cita-cita terbesar gue waktu SD. lol. Akhirnya gue daftar masuk KOPMA ini, (kembali) dengan harapan gue menjadi insan yang (at least) becus dalam berorganisasi. Dan sampai saat ini harapan gue gak terkabul………………

Bahagia itu sederhana............. sumber

Nah itu artinya gue udah 2 taun di KOPMA, ½ taun pertama gue masih sebagai kader dan melaksanakan Job On Training, serta wawancara, serta jadi staff K-Cell (Kopma Cellular). Lalu tiba saat dimana RAT dilakukan, itu Rapat Akhir Tahunan gue yang pertama. Tbh gue gak ikut acara sampe akhir jadi gak ngerasain waktu pelantikan jadi pengurus kek gimanah.

1 taun berikutnya gue megang Mini Market, sendirian. Ini merupakan masa-masa ter-(malesin, tekan, berat, susah) dalam hidup gue sebagai pengurus kopma. Beban berat ini harus kutanggung sendiri…… Karena mini market adalah unit usaha terbesar yang dimiliki Kopma Ekuitas. Di tahun ini gue bener-bener gak komit sama Kopma karena alesan cape dan lelah. Omzet mini market pun fluktuatif saat gue pegang. Satu-satunya alesan gue bertahan adalah Teh Enung, dia ketua KOPMA taun lalu. Dia ngasih support baik dalam ceramah dan bantu gue nyusun laporan keuangan.

Taun ini gue lagi megang ATK. Unit usaha ini bisa dibilang anaknya Mini Market, karena tempatnya pun numpang di Mini Marker. Gue milih unit usaha ini awalnya karena gue enek sama Mini Market. Dan lagi menurut Teh Enung, gue belum bisa-cukup-dipercaya utk megang unit usaha mini market lagi. Btw walaupun gue udah 2 taun, gue ngalamin RAT cuma sekali. Karena waktu RAT 2014, gue lagi di Malaysia.

Banyak kenangan yang gue laluin sama anak KOPMA. Gue udah anggap Kopma itu kaya keluarga gue sendiri. Dan kalau banyak orang bilang 'lo kan banyak clash sama pengurus lainnya' then what? Dalam keluarga lo nemuin kenyamanan, tapi dalam keluarga juga lo nemuin masalah. Sama adik/kakak lo aja lo pasti pernah bermasalah kan? Tapi mereka tetep lo anggap keluarga kan. Nah gue juga gitu.

Oh iya curhatan gue kemarin, yang ini. Gue lega banget. Kenapa gue satuin karena di hari ini juga gue baru sadar. Selama ini tiap kerkom gue terlalu mendominasi, menurut gue ini kesalahan terbesar. Kadang kita harus ngasih kesempatan sama orang lain buat bekerja. Karena saat orang lain dikasih tanggung jawab, apapun cara yang mereka tempuh, mereka pasti bisa nyelesain. Walaupun agak ngaret. Hahahaha.Sekarang gue jadi lebih tenang dan lebih gak gendok aja kalau ngerjain tugas kelompok, bcs they're working too!

Tuhkan di HUT KOPMA Ekuitas yang ke 11 ini, bukan Kopma aja yang makin dewasa. Tapi gue juga nambah dewasa! Lol. Oh ya di umurnya yang ke 11 ini Kopma Ekuitas meraih pebghargaan sbg KOPMA Nasional, lho.

KOPMA Holiday- Tidung
Jambore Koperasi, gue review disini
Doa gue buat KOPMA taun ini adalah semoga Kopma Ekuitas bisa seimbang dan setingkat dengan Koperasi Mahasiswa Universitas, soalnya secara teori: KOPMA EKUITAS SEBANDING SAMA KOPMA FAKULTAS. yeay. Kebayang kan kalau kopma fakultas sebanding samankopma universitas? Biar semakin keren dan omzet naik terus yeyeye.


Salam Protes! -Profesional, Tanggung Jawab, Efisien, Sejahtera!
Dah ya, mau nyusun dulu metlit nih. Bhay!

You Might Also Like

0 comment

Halo, jangan lupa klik "Beri Tahu Saya" atau "Notify Me" ya! Biar ketauan kalau komennya udah dibales:D

recent posts

Member Of

Blogger Perempuan

Popular Posts